Geblek khas Magelang

Apakah teman-teman pernah mendengar atau mencoba makan geblek? Cemilan ini cukup dikenal dan sangat disukai orang di daerah Kulonprogo, Purworejo, dan Magelang.

Rasanya gurih dan kenyal, terutama kalau dimakan dalam keadaan hangat. Membuat orang sulit berhenti mengunyah. Setelah dingin, terkadang geblek agak mengeras dan menjadi alot.

Namun begitu,  ada juga yang tetap lembut. Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh kualitas bahan bakunya. Yang pasti, bagi yang pernah mencoba, makanan ini selalu bikin kangen.

Geblek khas Magelang, seperti juga geblek dari daerah lain, terbuat dari pati singkong. Biasanya masyarakat di Magelang membuatnya sendiri dari singkong lokal.

Caranya mudah saja, yaitu singkong dikupas dan diparut, lalu diperas hingga keluar cairannya. Selanjutnya cairan itu didiamkan hingga patinya mengendap. Berbeda dengan singkong dari daerah lain, singkong lokal umumnya bisa menghasilkan pati cukup banyak.

Bagi yg malas membuat sendiri, tak perlu khawatir. Pati dari singkong ini dapat dibeli kiloan di pasar  setempat dalam bentuk bongkahan dan sudah dijemur hingga kering.

Pati singkong kering

Bongkahan pati dari singkong yang sudah dijemur sampai kering.

Bila pati keringnya sudah tersedia, cara membuat geblek bisa sangat cepat dan mudah. Bumbunya juga sederhana. Dalam resep ini, gebleknya hanya bumbui dengan garam saja. Tapi bila ingin lebih enak, bisa ditambah dengan bawang putih dan ketumbar yang dihaluskan.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui cara membuatnya, mari simak resep selengkapnya berikut ini:

Resep Geblek khas Magelang

Bahan:

500 gram bongkahan pati singkong, patahkan menjadi beberapa bagian.

1/2 buah kelapa parut

Garam secukupnya

Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Kukus kelapa parut hingga matang, angkat dan biarkan dingin, lalu beri garam.

2. Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan potongan pati singkong, dan masak hingga berkulit.

3. Setelah berkulit, angkat segera dan tiriskan, lalu hancurkan, dan campur dengan parutan kelapa yang sudah digarami.

4. Aduk dan uleni hingga terbentuk gumpalan. Lalu teruskan menguleni hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Goreng sedikit adonan dan cicipi apakah sudah cukup gurih. Tambah garamnya bila perlu.

5. Bila sudah pas rasanya, buat bentuk seperti rantai tapi dengan tiga mata saja. Kerjakan hingga semua adonan selesai dibentuk.

Buat bentuk bulat seperti akan membuat rantai

6. Goreng dengan api sedang hingga matang.

7. Angkat dan sajikan bersama minuman hangat.

Mudah sekali bukan membuatnya? Bagian sulitnya hanyalah saat menyiapkan patinya. Terutama bila harus membuat sendiri dari singkong.

 

Pencarian dari google:

Source: resep


Comments

Berikan Pendapat Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *